sumur imbuhanKepala Pusat Pemulihan Aset (PPA), Chuck Suryosumpeno, mengunjungi Balaikota belum lama ini. Ia mengapresiasi adanya sumur imbuhan di Depok.

“Warga beruntung memiliki Walikota brilliant seperti ini,” ujar Chuck memuji Walikota.

Sumur imbuhan merupakan rangkaian penampungan air hujan, mulai dari atap disalurkan ke pipa paralon menuju tandon penampungan air berdiameter 20 cm dengan kedalaman 80 meter yang nantinya tandon ini dapat berfungsi juga untuk penjernihan air.

Jika air yang mengalir melebihi kapasitas maka, secara otomatis air akan ditampung oleh sumur tersebut. Namun, jika sebaliknya, air dalam kategori standar akan terus berjalan menuju Sungai Ciliwung.

Sumur imbuhan dapat meningkatkan cadangan air di permukaan sekitar, agar pada musim kemarau nanti dapat menyuplai kebutuhan air, terutama air panas.

“Ini inovasi dan terobosan dari Depok hasil penelitian LIPI. Di Jakarta belum ada seperti ini, baru Depok yang menerapkan,” jelas Nur Mahmudi. Saat ini sumur imbuhan ada di Balaikota, Jalan Merdeka, dan Jalan Raya Bogor.

Chuck pun bercerita, sebelumnya ia hanya mengetahui sumur resapan yang ada di Bandung, namun dirinya tidak menyangka jika di Depok telah membuat sumur imbuhan.

“Sebelumnya saya tahu di Bandung telah menerapkan, tapi hanya sumur resapan. Ternyata di Depok selangkah lebih maju,” tambah Chuck sambil terus memuji Walikota.

Foto Terkait:

sumur imbuhan2

Penulis    : Vidyanita Iqomah Editor     : Manapar Manullang

Bagikan post melalui :