camat cilodong

Camat Cilodong Mulyadi memantau turap yang longsor di kelurahan Jatimulya kecamatan Cilodong. (Foto : Agus/Diskominfo)

depok.go.id –Longsornya turap di Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, mendapat perhatian serius Pemkot Depok. Untuk saat ini perbaikan turap hanya sementara agar fungsinya normal kembali. Sedangkan untuk perbaikan permanen, telah dianggarkan dalam program prioritas tahun ini juga.

Camat Cilodong, Mulyadi mengatakan, pihaknya bersama warga setempat segera melakukan perbaikan sementara dengan menggunakan bambu sebagai turap sementara.

“Perbaikan ini sifatnya sementara, karena saya khawatir kepada pejalan kaki yang melintas jalur ini,” ucapnya, Jumat (17/02/2017).

Ia menuturkan, longsor terjadi saat hujan deras di wilayah Depok dan Puncak Bogor, pada Minggu malam. Akibatnya, aliran air dari hulu sungai sangat kencang masuk ke Depok.

“Ini bahaya jika tidak segera dilakukan perbaikan, karena jalan akan ikut terbawa longsor,” tambahnya, saat memantau lokasi longsor.

Dikatakannya, pihak kecamatan akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), untuk segera menganggarkan perbaikan agar masuk dalam program prioritas. Dengan begitu, pembangunan bisa dilakukan secara permanen.

Menurutnya, posisi turap berbentuk tikungan, sehingga air yang mengalir deras menabrak dan fondasi turap tergerus hingga posisinya menggantung.

“Jika ini tidak segera diperbaiki dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan lagi, sehingga turap yang hancur bertambah panjang,” jelasnya.

Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Manto menambahkan, musibah longsor turap di Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tapos, sudah mendapat alokasi anggaran untuk perbaikan di tahun 2017.

“Perbaikan ini termasuk dalam program prioritas pembangunan Kota Depok,” pungkasnya.

Penulis : Agus

Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :