paskibraka_internet sehat

Rita Nurlita, selaku Pranata Humas Diskominfo Depok, menjadi pembicara dalam Talkshow bertajuk Pergaulan Kids Jaman Now, di Gedung Dibaleka II Lantai 10, Balai Kota, Minggu 18/12/2018). (Foto: Pipin/Diskominfo)

depok.go.id – Ratusan pelajar anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) SMP/SMA se-Kota Depok mendapatkan edukasi seputar literasi digital. Dalam kegiatan ini, pelajar diberikan pemahaman terkait cara menggunakan internet yang aman tanpa melanggar aturan hukum yang berlaku.

“Bijak berinternet, bagaimana kita berinternet dengan baik. Apa saja data-data yang aman untuk kita sebarkan,” kata Rita Nurlita, Pranata Humas Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok yang menjadi pemateri di Gedung Dibaleka II Balai Kota, Minggu (18/12/2018).

Dikatakannya, edukasi tentang menggunakan internet juga perlu dilakukan terhadap para remaja. Pasalnya, internet memiliki dampak positif sekaligus negatif. Tujuannya, agar para remaja terhindar dari materi yang akan merusak perkembangan mental mereka.

Senada dengan pernyataan tersebut, Kepala Seksi Bidang Acara, Danang Destayuda menambahkan, tujuan utama digelarnya talkshow bertajuk Pergaulan Kids Jaman Now ini, guna meningkatkan pemahaman para pelajar terhadap pedoman dan batasan dalam berinternet. Sekaligus, membangun karakter pelajar yang unggul dan religius.

“Target utamanya, agar pelajar di Kota Depok bisa menyaring informasi yang ada di sekitarnya, sehingga menghindari perilaku buruk terhadap sesama. Contohnya kecanduan video porno atau menyebarkan informasi palsu (hoax),” katanya.

Dijelaskan Danang, pembekalan terhadap anggota Paskibra se-Kota Depok ini dilakukan sejak awal Februari. Materi yang didapatkan para peserta tidak hanya soal internet sehat, tapi juga tentang bahaya narkoba dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan kesehatan reproduksi dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

“Pekan depan, kita juga ada pelatihan menghadapi bencana, bersama Badan SAR Nasional (Basarnas) di lapangan Balai Kota,” tutupnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :