Kepala BNN Kota Depok, AKBP Rusli Lubis (kedua kanan) usai menghadiri Rapat Koordinasi Mingguan perangkat daerah di Balai Kota Depok Senin (18/02/2019) (Foto : Janet/Diskominfo)

depok.go.id-Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok akan membentuk Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba) 2019. Sebagai tahap awal, Kelurahan Bersinar akan dibentuk di kelurahan yang memiliki komitmen tinggi dalam pemberantasan narkoba yaitu, di Kecamatan Sukmajaya dan Kecamatan Pancoran Mas.

Kepala BNN Kota Depok, AKBP Rusli Lubis mengatakan, Kelurahan Bersinar berkenaan dengan pelaksanaan Peraturan Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2013 tentang Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika. Kemudian juga mengikuti Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Pelanyahgunaan Narkoba.

“Di Depok sudah ada Instruksi Wali Kota Nomor 10 tahun 2018 yang dikuatkan juga dengan Edaran Gubernur Jawa Barat Nomor 354 Tahun 2019. Jadi Kelurahan Bersinar sedang kita canangkan dan masih dalam pembahasan,” ujar Rusli usai menghadiri Rapat Koordinasi Mingguan Perangkat Daerah (PD) di Balai Kota Depok, Senin (18/02/2019)

Dikatakan Rusli, nantinya dalam penyelenggaraan Kelurahan Bersinar, Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) akan semakin digiatkan. Kelurahan terpilih, juga akan mendapatkan bimbingan baik untuk kecamatan, kelurahan, hingga masyarakatnya.

“Intinya bukan sekadar sosialisasi bahaya narkoba, serta sanksi hukumnya. Namun, membangun sikap proaktif jika ada temuan narkoba di wilayahnya,” katanya.

Dirinya menambahkan, pihaknya berharap seluruh elemen dapat  melaksanakan kegiatan penguatan dan pembangunan berwawasan antinarkoba di wilayah masing-masing. Sehingga kemandirian serta partisipasi masyarakat dapat berperan dalam menanggulangi peredaran narkoba.

“BNN tidak bisa sendiri, semua pihak terutama masyarakat harus ikut serta dalam mencegah peredaran narkoba,” tutupnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :