depok.go.id-Kegiatan pemberian vitamin A yang saat ini dilaksanakan di wilayah Ratujaya dan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, terus dipantau pihak Puskesmas. Tercatat, dari 4200 balita, sebanyak 50 persennya diketahui telah mendapatkan vitamin A.

“Ini sudah masuk minggu kedua, laporan kami terima vitamin yang telah terdistribusi mencapai 50 persen,” ujar Kepala Puskesmas Ratujaya, Frovira Brilyandini, di RW 06, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, baru-baru ini.

Dokter Opi, panggilan akrabnya, menambahkan, vitamin A diberikan kepada anak mulai usia enam bulan hingga dua tahun. Untuk pemberian dosisnya disesuaikan dengan usia anak masing-masing. Vitamin A diberikan setahun dua kali, yaitu bulan Februari dan Agustus. Adapun sasaran vitamin A biru sebanyak 500 balita dan untuk vitamin A merah sebanyak 3700 balita.

“Untuk usia enam hingga sebelas bulan diberikan vitamin A dengan dosis 100.000 International Unit (IU) yang ditandai dengan warna biru. Sedangkan usia satu hingga lima tahun diberikan dengan dosis 200.000 IU yang ditandai dengan warna merah,” ucapnya.

Dokter Opi menjelaskan, dengan asupan vitamin yang cukup dapat memberikan kekebalan tubuh bagi anak, sehingga mencegah anak terserang penyakit. Sedangkan untuk anak yang belum mendapatkan vitamin A, pihaknya akan melakukan jemput bola ke rumah warga untuk memastikan pemberian vitamin A dilakukan secara efektif.

“Vitamin A untuk kesehatan mata dan juga kekebalan tubuh pada anak. Anak yang cukup mendapatkan vitamin A, akan lebih kebal apabila terkena diare, campak, atau penyakit infeksi lainnya,” ucapnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :