Suasana pelatihan pencegahan kebakaran ke puluhan Satlakar Depok. (Foto : Istimewa)

depok.go.id – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok melibatkan masyarakat dalam penanganan dan pencegahan kebakaran menjadi Satuan Relawan Kebakaran (Satlakar). Untuk semakin meningkatkan kapasitas Satlakar, Dinas Damkar dan Penyelamatan rutin memberikan pelatihan salah satunya yang digelar pada awal tahun 2019.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana mengatakan, pelatihan yang rutin dilaksanakan itu untuk meningkatkan pengetahuan tentang bahaya kebakaran. Dalam pelatihan diikuti oleh 90 peserta yang diberikan praktik dan simulasi dalam penanganan kebakaran yang bisa dilakukan oleh para Satlakar.

“Intinya kami ingin memberikan mereka praktik, bukan sekedar teori pemadaman. Meski demikian teori juga tetap kami berikan,” ujar Gandara kepada depok.go.id di Markas Komando (Mako) GDC, Cilodong, Senin (18/02/19).

Menurut Gandara, peran Satlakar sangat siginifikan karena dapat bekerja sama dan berkolaborasi dengan pengurus lingkungan seperti Ketua RT-RW. Dengan begitu, nantinya akan lebih mudah dalam membuat pemetaan lokasi rawan kebakaran atau bencana.

“Kalau Satlakar sudah lancar komunikasi dengan RT dan RW maupun UPT Damkar terdekat, mudah-mudahan bencana kebakaran bisa ditanggulangi lebih cepat. Bahkan, bisa menurunkan angka kebakaran di Kota Depok,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :