Sekretaris Kecamatan Sawangan, Dadi Rusmiadi, saat membuka Sosialisasi Pembentukan Forum Anak Tingkat Kelurahan. (Foto: Istimewa)

depok.go.id – Kecamatan Sawangan turut mendorong pembentukan Forum Anak Kelurahan se-Kecamatan Sawangan. Hal tersebut sebagai upaya dalam percepatan daerah yang layak anak, mulai dari kelurahan, kecamatan hingga kota.

Sekretaris Kecamatan Sawangan, Dadi Rusmiadi menegaskan, Kecamatan Sawangan terus menggerakan anak-anak di wilayahnya untuk membentuk Forum Anak Kelurahan. Setelah terbentuk, akan ada struktur Forum Anak Kelurahan, yang bisa membantu kelurahan dalam menjalankan berbagai program Kota Layak Anak (KLA).

“Sosialisasi yang diadakan oleh Forum Anak Kecamatan Sawangan ini sangat bagus sekali, karena diharapkan akan terbentuk struktur Forum Anak Kelurahan,” ujar Dadi kepada depok.go.id, usai membuka Sosialisasi Pembentukan Forum Anak Tingkat Kelurahan, Senin (18/02/19).

Dadi menuturkan, Forum Anak Kelurahan juga harus mampu memahami lima klaster KLA. Diantaranya hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya serta perlindungan khusus bagi anak.

Dalam hal hak sipil dan kebebasan, lanjutnya, anak di Kecamatan Sawangan utamanya harus memiliki akta kelahiran. Sebab, akta kelahiran merupakan bukti awal kewarganegaraan dan identitas diri pertama yang dimiliki anak.

“Kami berharap dengan cikal bakal Forum Anak Kelurahan ini bisa lebih meningkatkan peran dan fungsi, serta kegiatan yang mendukung terwujudnya kelurahan, kecamatan dan kota yang layak bagi,” pungkasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :