Tim Pendaki Pencinta Alam Margonda (PAM) 54 berfoto usai melakukan rapat koordinasi. (Pipin/Diskominfo)

depok.go.id-Ada yang istimewa dari rencana kegiatan pendakian komunitas Pencinta Alam Margonda (PAM) 54. Kegiatan yang mengusung tema semangat berbudaya ini, akan diisi pengibaran bendera merah putih di puncak Gunung Ciremai sebagai rangkaian untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Depok ke-20.

Ketua Panitia Pelaksana, Ovan Irvanto mengatakan, saat pengibaran bendera, tim akan berpakaian khas Betawi. rencananya, upacara tersebut akan dipimpin Kepala Bagian Layanan Pengadaan (BLP), Dadan Rustandi.

“Karena tema HUT Kota Depok ke-20 ini Rame-rame Berbudaya. Kita mencoba mengenalkan kebudayaan, salah satunya memakai pangsi, pakaian khas Betawi. Jadi, unsur keunikannya semakin terasa,” ujarnya di Kantor BLP Setda Depok, Senin (18/03/2019).

Sementara itu, Sekretaris Panitia Pelaksana, Iwan Setiawan menambahkan, budaya juga dimaknai lebih luas dari sekadar melestarikan adat. Yaitu budaya menjaga kebersihan, yang diimplementasikan dengan rencana memungut sampah.

“Setiap pendaki akan dibekali kantong sampah. Selain berinteraksi dengan masyarakat, kita juga akan mengambil sampah sepanjang perjalanan. Tetapi, nanti lihat situasi, apakah dilaksanakannya saat mendaki atau turun gunung,” katanya.

Dikatakannya, pendakian ke Ciremai juga dimaksudkan agar ASN Pemkot Depok dapat menambah pengetahuan terkait suku, budaya, bahasa, dan sosial masyarakat. Diharapkan, dengan kegiatan ini akan terbentuk kesadaran yang tinggi mengenai pentingnya pelestarian lingkungan hidup.

“Semoga di kegiatan berikutnya, kita juga bisa menambah dengan kegiatan reboisasi. Mudah-mudahan di event berikutnya bisa dilaksanakan,” ucapnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :