depok.go.id-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok sangat serius dalam mengawasi penggunaan spektrum frekuensi radio di Kota Depok. Sebab, dengan pengunaan spektrum frekuensi radio secara tertib, diharapkan tidak mengganggu lalu lintas penerbangan.

“Dalam penggunaan frekuensi radio harus memiliki izin, agar tidak mengganggu frekuensi lainnya atau mengganggu fasilitas vital negara seperti penerbangan. Apalagi, wilayah kita dekat dengan Bandara Halim Perdana Kusuma,” tutur Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono kepada depok.go.id, usai membuka kegiatan Evaluasi Penggunaan Frekuensi Radio di Hotel Santika, Margonda, Senin (18/03/19).

Sidik menjelaskan, untuk meningkatkan pengawasan frekuensi radio, pihaknya juga rutin mengadakan kegiatan evaluasi pengggunaan frekuensi radio. Kegiatan yang diadakan setiap tahun ini, guna mewujudkan penggunaan spektrum frekuensi radio yang tertib dan sesuai peruntukkan.

“Dalam kegiatan evaluasi, kita memberikan pemahaman kembali kepada para pengguna frekuensi radio seperti pengelola rumah sakit, apartemen, hotel, dan radio komunitas agar menggunakan frekuensi sesuai peruntukannya sehingga memberikan kenyamanan dalam berkomunikasi,” ujarnya.

Dia menambahkan, informasi dan pemahaman kepada masyarakat mengenai aturan penggunaan frekuensi radio dan tata cara perizinannya, perlu dilaksanakan. Hal tersebut demi terwujudnya penggunaan spektrum frekuensi radio yang tertib, bebas dari gangguan, dan sesuai dengan peruntukkan.

“Kelayakan perangkat mereka juga harus dicek agar penggunaan frekuensi ini selain legal, juga dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Penulis : Jose Marques
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :