pembinaan pembuatan produk umkm_2

DKUM Kota Depok menerima kunjungan kerja dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulungagung. (Foto : Indri/Diskominfo)

depok.go.id –  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulungagung melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pemerintah Kota Depok. Agenda kunjungan tersebut dilakukan untuk mengetahui keberadaan Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 13 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi, sebagai acuan pembuatan Perda di Kabupaten Tulung Agung.

Ketua Pansus II DPRD Kabupaten Tulungagung, Agung Darmanto menuturkan, keberadaan koperasi di Tulungagung masih perlu dibina dan ditingkatkan perannya. Selain itu, jumlah koperasi yang merupakan lembaga kemasyarakatan jumlahnya masih sedikit dan belum dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Depok sudah punya Perda, kami ingin membuat Perda serupa dengan Depok yang telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan peran koperasi untuk masyarakat,” tutur Agung saat kunker di ruang rapat Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Selasa (18/04/2017).

Sementara itu, Sekretaris DKUM Kota Depok, Elin Siti Fatimah menjelaskan, berpedoman pada Perda yang ada, Pemerintah Kota Depok melalui DKUM Kota Depok berfungsi sebagai fasilitator lembaga koperasi dengan mitra yang ada dalam pengajuan dana bantuan. Selain itu, pembinaan sumber daya manusia dan penyuluhan terkait perkembangan koperasi juga rutin kerap dilakukan pihaknya.

Tidak hanya itu, melalui Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Depok, monitoring pendataan Koperasi rutin dilakukan. Pembentukan kelompok kerja untuk memaksimalkan keberadaan koperasi juga turut dilakukan demi mengangkat ekonomi kerakyatan, sesuai prinsip koperasi.

“Dengan Perda yang sudah ada, perhatian terhadap koperasi semakin giat dilakukan. Di sinilah peran penting Perda terhadap pembinaan koperasi di Kota Depok,” tutupnya.

Penulis: Indri
Editor: Dunih dan Yulia Shoim
Diskominfo
Bagikan post melalui :