PP Muhamadiyyah

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Depok, Idrus Yahya (tengah) bersaam Wali Kota Depok, Mohammad Idris (kanan), saat menghadiri pengajian rutin Ulama dan Umaro Kota Depok, Rabu (26/10/2017). (Foto: Istimewa)

depok.go.id – Berdasarkan surat edaran dari pimpinan Muhammadiyah Pusat terkait awal puasa Ramadan akan jatuh pada 27 Mei 2017. Untuk itu, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Depok pun secara resmi mengumumkan penetapan awal bulan Ramadan tersebut.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Depok, Idrus Yahya mengatakan, penetapan awal Ramadan tersebut berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal. Hasil dari hisab tersebut dijadikan pedoman oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

“Untuk ijtimak jelang Ramadan 1438 H terjadi pada hari Jumat 26 Mei 2017 pada pukul 02:46:53 wib. Untuk posisi bulan di seluruh wilayah Indonesia pada saat terbenam matahari sudah berada di atas ufuk,” jelasnya kepada depok.go.id, Selasa (18/04/2017).

Menurutnya, untuk 1 Syawal 1438 H, Idrus menuturkan akan jatuh pada hari Minggu 25 Juni 2017. Artinya, Muhammadiyah memastikan pelaksanaan ibadah puasa tahun ini berlangsung selama 29 hari.

“Kemudian untuk ijtimak jelang Syawal 1438 H terjadi pada hari Sabtu 24 Juni mendatang, tepatnya pada pukul 09:33:12 wib,” katanya.

Idrus menuturkan, Muhammadiyah juga menetapkan tanggal 1 Zulhijah, Hari Arafah, serta Hari Raya Idul Adha. Untuk tanggal 1 Zulhijah, ditetapkan pada 23 Agustus mendatang.

“Kemudian untuk hari Arafah pada tanggal 31 Agustus, sementara itu untuk hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Jumat 1 September 2017,” jelasnya.

Idrus merasa yakin, untuk ketetapan awal Ramadan tidak akan ada perbedaan. Hal ini disebabkan ketinggian hilal sudah diatas dua derajat.

“Jadi pada waktu di rukyat bulan sudah terlihat. Kalau pun berbeda tidak akan bermasalah bagi umat Islam. Karena sudah saling menghormati dan toleran dalam menjalankan keyakinannya masing-masing,” tandasnya.

 

Penulis : Guntur Widyanto

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :