pengaturan lalu

Petugas Dishub Kota Depok tengah mengatur lalu lintas. (Foto : Dishub Kota Depok)

depok.go.id – Antrean kendaraan yang kerap terjadi di sepanjang Jalan Margonda, coba dicarikan solusinya oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok. Salah satunya dengan mengatur kendaraan roda dua dan angkutan umum untuk menggunakan jalur lambat.

“Bulan April ini kita akan maksimalkan penggunaan jalur lambat di Margonda. Kami akan menugaskan petugas kami di beberapa titik untuk menggiring kendaraan roda dua dan angkutan umum agar melewati jalur lambat,” ujar Kepala Dishub Kota Depok, Gandara Budiana, usai kegiatan Rapat Forum Lalu lintas di Aula Lantai 5, Balaikota Depok, Selasa (18/04/2017).

Dia menambahkan, dengan peraturan itu diharapkan bisa mengurangi antrean, bahkan kemacetan kendaraan yang terjadi di jalur cepat. Pasalnya, kata dia, selama ini angkutan umum kerap berhenti di badan jalan untuk menaikkan maupun menurunkan penumpang. Kondisi itu membuat kendaraan di belakangnya ikut berhenti, sehingga memicu terjadinya kecelakaan.

“Selain mengurai antrean kendaraan, hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan,” jelasnya.

Namun demikian, lanjutnya, untuk sementara peraturan tersebut diberlakukan hanya pada kendaraan roda dua dan angkutan umum saja. Sedangkan untuk bus, masih bisa menggunakan jalur cepat.

“Kalau bus ada di jalur lambat justru menghambat kendaraan lainnya. Jadi untuk sementara bus bisa menggunakan jalur cepat, dan menaikkan serta menurunkan penumpang pada tempatnya,” tegasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :