asep roswanda

Plt Diskarpus Kota Depok, Asep Roswanda memberikan sambutan di Bimbingan Teknis Perpustakaan bagi Pengelola Perpustakaan Sekolah, di Aula Perpustakaan Umum Kota Depok, Senin (17/04/2017). (Foto : Nurul/Diskominfo)

depok.go.id – Sebanyak 50 pustakawan sekolah negeri dan swasta se-Kota Depok dilatih ilmu pengelolaan perpustakaan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok. Dengan keahlian ini, diharapkan pustakawan bisa mengelola perpustakaan sekolah secara professional, sehingga minat membaca di kalangan siswa semakin tumbuh.

“Kami ingin pustakawan di sekolah bisa lebih profesional dalam mengelola perpustakaan yang sudah ada, dengan ilmu yang memang dari ahlinya,” ujar Plt Diskarpus Kota Depok, Asep Roswanda, usai pembukaan Bimbingan Teknis Perpustakaan bagi Pengelola Perpustakaan Sekolah, di Aula Perpustakaan Umum Kota Depok, Senin (17/04/2017).

Asep mengatakan bimtek dilaksanakan selama dua hari yaitu pada, 17-18 April 2017 berisi 4 materi yang berbeda yakni, motivasi pustakawan, dinamika kelompok, pengolahan bahan perpustakaan, serta otomasi perpus berbasis inlis lite. Dia berharap dengan dilaksanakannya bimtek ini bisa menambah wawasan, dan pengetahuan para pengelola perpustakaan sekolah.

“Mudah-mudahan selesai dari sini, balik ke sekolah masing-masing bisa mengelola perpustakaan dengan lebih baik lagi,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Harry Prihanto, yang ditemui usai membuka bimtek mengatakan perpustakaan merupakan tempat utama sumber informasi. Untuk itu, pengelola perpustakaan atau pustakawan diminta untuk dapat kreatif dan inovatif dalam mengatur dan mengelola perpustakaan agar pengunjung tidak merasa bosan.

Dirinya menyebutkan, generasi sekarang merupakan generasi milenial yang serba digital. Untuk itu, kewajiban perpustakaan adalah menyediakan bahan informasi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

“Baik Perpustakaan Umum Kota Depok maupun perpustakaan di sekolah-sekolah seharusnya menjembatani keinginan generasi Y ini dalam mencari informasi. Harus lebih modern dan beralih pada digital library, sehingga generasi penerus kita akan semakin mencintai perpustakaan,” pungkasnya.

pelatihan pengelolaan arsip

Peserta Bimbingan Teknis Perpustakaan bagi Pengelola Perpustakaan Sekolah, di Aula Perpustakaan Umum Kota Depok. (Foto : Nurul/Diskominfo)

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :