Kepala Disnaker Kota Depok dan Kepala BPJS Kota Depok, duduk bersama mengevaluasi pelayanan Rs. Swasta di Kota Depok, belum lama ini. (Foto : Istimewa)

depok.go.id-Upaya meningkatkan kualitas pelayanan Rumah Sakit (RS) bagi pekerja, menjadi perhatian Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok. Dengan menggandeng Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Disnaker ingin Standar Operasional Prosedur (SOP) rumah sakit memberikan kepastian layanan kesehatan terhadap pasien.

“Belum lama ini, kami adakan rapat koordinasi (rakor) dengan rumah sakit swasta, Dinas Kesehatan (Dinkes), asosiasi perusahaan, serikat pekerja dan lain-lain, untuk membicarakan SOP di RS dalam melayani pasien BPJS yang merupakan pekerja,” ujar Kepala Disnaker Kota Depok, Manto, di ruang kerjanya, Kamis (18/04/2019).

Dikatakannya, pembahasan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit, khususnya pekerja atau karyawan yang tidak memiliki banyak waktu. Diakuinya, saat ini pengaduan di RS, didominasi oleh pekerja yang merasakan sulitnya prosedur RS, hingga harus beberapa kali kembali ke RS.

“Kita pahami waktu yang dimiliki pekerja tidak banyak, kami ingin pekerja mendapatkan pelayanan yang maksimal ketika berobat ke RS menggunakan kartu BPJS. Nah, hasil dari rakor kemarin, akan kita bahas kembali dalam forum yang lebih kecil, agar apa yang dirumuskan dapat terlaksana tanpa merugikan salah satu pihak,” ucapnya.

Diakuinya, RS yang telah bekerja sama dengan BPJS sudah mendapatkan akreditasi dari Dinkes. Sehingga perlu adanya pembenahan secara berkala terhadap pelayanan kesehatan, khususnya pasien yang menggunakan BPJS.

“Jika SOP sudah dijalankan dengan baik, maka ini akan mengurangi antrean pasien BPJS. Mudah-mudahan seluruh RS bisa kooperatif menjalankan hak dan kewajiban pasien,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :