Ketua Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Sawangan, Matobi bersama pemilih yang menggunakan hak suaranya di RSUD Depok, Kamis (17/04/19). (Foto : Diskominfo)

 

 

 

depok.go.id – Proses penghitungan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di Kota Depok pasca pemungutan suara saat ini dalam tahap menuju rekapitulasi surat suara tingkat kecamatan. Salah satunya di Kecamatan Sawangan yang akan melakukan penghitungan surat suara tingkat kecamatan pada Kamis malam (18/04/19).

 

 

Ketua Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Sawangan, Matobi mengatakan, pasca pemungutan suara yang diadakan pukul 07.00 – 13.00 wib, Kamis (17/04), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) mulai melakukan penghitungan surat suara. Kemudian, setelah selesai rekapitulasi, kotak suara bersama semua berkas dikumpulkan di tiap kelurahan.

 

 

Setelah semua kotak suara dan berkas terkumpul di kelurahan baru dikirim ke kecamatan. Selanjutnya pada tingkat kecamatan akan mulai direkap dengan estimasi penghitungan hingga dua minggu ke depan.

 

 

“Terdapat 511 TPS di tujuh kelurahan se-Kecamatan Sawangan. Karena itu PPK Sawangan diberi waktu penghitungan selama dua minggu,” ujar Matobi kepada depok.go.id, saat pencoblosan di RSUD Depok, belum lama ini.

 

 

 

Untuk memudahkan dan mempercepat penghitungan, katanya, akan dibuat empat panel penghitungan di aula Kecamatan Sawangan. Dengan perkiraan waktu penghitungan satu kotak suara hingga satu jam.

 

 

 

“Maka itu, kami membuat panel-panel rekapitulasi. Tentunya dengan menghadirkan saksi partai maupun pasangan calon presiden dan wakil presiden agar transparan,” tandasnya.

 

 

 

 

Penulis: Nurul Hasanah

 

Editor: Retno Yulianti

 

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :