DKPPP Gelar Pelatihan Pengembangan Teknologi Pertanian di Cisarua, Bogor, Rabu (09/05/18). (Foto : Dok. DKPPP)

depok.go.id –  Untuk memperluas pengetahuan dan menambah modal usaha, sejumlah petani hidroponik di Kota Depok dibekali cara mengatur komposisi campuran pada media tanam. Nantinya media tanam tersebut, bisa menjadi ladang usaha para petani, karena tidak semua orang tahu bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

“Kami bekerja sama dengan pakar pertanian hidroponik untuk membekali petani hidroponik di Kota Depok, cara bagaimana mengatur komposisi media tanam menggunakan nutrisi AB mix dan ini sifatnya sangat rahasia,” ujar Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, Hermin Kusmiati, Jumat (18/05/18).

Dikatakannya, campuran nutrisi tersebut, juga bisa dijadikan ladang usaha. Terlebih, modal yang dikeluarkan bisa lebih murah jika percampuran dilakukan sendiri.

“AB mix ini dicampur dengan beberapa bahan kimia, kita informasikan kandungannya apa saja, takarannya berapa. Di pasaran, harga nutrisi AB mix per liternya kurang lebih Rp 100 ribu. Jika mencampur sendiri, modalnya hanya Rp 50 ribuan. Jadi bisa dijadikan ladang usaha yang menjanjikan,” jelasnya.

Senada dengan itu, salah seorang petani hidroponik asal Bojongsari, Herlangga Suparjo mengaku, sangat antusias mengikuti pelatihan percampuran nutrisi AB mix ini. Setelah mahir, dia mengaku akan membuat nutrisi sendiri untuk dijadikan usaha sampingan, maupun untuk dipakai secara pribadi.

“Nutrisi itu memang sangat rahasia, kami sadar kalau kami ikut pelatihan hidroponik untuk membuat nutrisi AB mix di luar akan dikenakan biaya yang mahal. Kami sangat bersyukur dengan adanya pelatihan hidroponik gratis oleh DKPPP,” pungkasnya.

 

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :