Ketua KNPI Kota Depok, Bobby Harahap (kanan) bersama warga yang mengikuti operasi katarak gratis. (Foto: Istimewa)

depok.go.id- Sejumlah masyarakat pra sejahtera di Kota Depok mengikuti operasi katarak gratis. Layanan kesehatan tersebut digagas oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Depok bersama Rumah Sakit (RS) Permata Depok, belum lama ini.

Ketua KNPI Kota Depok Bobby Harahap mengatakan, program operasi katarak gratis merupakan upaya KNPI Depok untuk meningkatkan eksistensi dan sinergitas pemuda untuk kepentingan masyarakat. Program ini merupakan salah satu program kerja KNPI yang telah dirancang usai pelantikan beberapa waktu lalu.

“KNPI Depok bekerja sama dengan Rumah Sakit Permata Depok memberikan operasi gratis kepada 15 orang yang mendaftar. Setelah melewati tahap pemeriksaan ternyata ada tujuh pasien yang dipastikan terkena katarak dan menjalani operasi,” katanya kepada depok.go.id, Jumat (18/05).

Dikatakanya, para peserta operasi katarak gratis berasal sejumlah kecamatan yaitu Cimanggis, Sawangan. Dirinya berharap kegiatan sosial yang dilakukan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat pra sejahtera di Depok.

Di tempat yang sama, Direktur RS Permata Depok, Heldi Nazir menjelaskan, pihaknya sangat mengapresiasi kerja sama antara pihaknya dengan KNPI. Menurutnya, sudah menjadi tugas bersama untuk melayani masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan.

“Jadi, setiap tahunnya ada sekitar 250 ribu pasien katarak baru yang berpotensi untuk terjadi gangguan penglihatan hingga kebutaan. Artinya ada 250 ribu pasien yang harus kami operasi setiap tahun untuk memperbaiki penglihatan mereka. Tentu ini semua menjadi tugas kita bersama,” tutupnya.

 

Penulis : Janet Swastika

Editor  : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :