Kepala DKUM Depok memberikan sambutan saat halalbihalal dalam rangka Idulfitri 1440 Hijriah bersama para pelaku usaha mikro se-Kota Depok. (Pipin/Diskominfo)

depok.go.id – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok berkomitmen menghantarkan para wirausaha Depok agar bisa meningkatkan level usahanya. Tidak hanya bertahan di skala usaha mikro, melainkan naik kelas menjadi usaha kecil.

Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan mengatakan, target tersebut sesuai dengan hasil Rencana Kerja (Renja) DKUM Tahun 2019. Dirinya berharap, dengan berbagai upaya yang dilakukan di setiap tahun maka ada pelaku usaha yang dapat naik kelas.

“Definisinya sederhana, omzet usaha mikro di bawah Rp 300 juta per tahun. Sedangkan usaha kecil dari Rp 300 juta sampai Rp 2,5 miliar per tahun,” katanya, saat menggelar halalbihalal DKUM Depok, di Gedung Balatkop Sukmajaya, Selasa (18/06/2019).

Dikatakan Fitriawan, sapaannya, guna merealisasikan target besar itu, DKUM memiliki berbagai program. Mulai dari bazar, Pelatihan Wirausaha Baru (WUB), Pelatihan Keamanan Pangan (PKP), pelatihan kemasan dan manajemen keuangan, serta pendampingan legalitas usaha.

“Termasuk kita akomodir kesempatan menjual produk mereka di pusat perbelanjaan (mal), melalui program 1000 kios,” tuturnya.

Terakhir, dirinya meminta kerjasama yang baik dari berbagai unsur masyarakat. Bukan hanya pebisnis dan pemerintah, namun juga kepada akademisi dan media massa.

“Target yang cukup berat ini, tidak bisa dipikulkan pada pemerintah seorang diri. Karena itu, butuh sinergisitas yang baik dari elemen-elemen tadi,” pungkasnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :