Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok melakukan sidak KTR di salah satu Ponpes. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, menginspeksi mendadak (sidak) terkait kepatuhan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di sejumlah Pondok Pesantren (Ponpes) di wilayah Kota Depok. Rencananya sidak KTR dimulai bulan Juli hingga Agustus 2019.

Tercatat, sebanyak 11 Ponpes akan disambangi Dinkes Kota Depok bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok, No Tobacco Community (NoTC), dan Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) Kecamatan Cipayung.

Penanggung Jawab Program Pos Kesehatan Pesantren dan KTR Dinkes Kota Depok, Gugun Gunawan mengatakan, belasan Ponpes yang dilakukan sidak berada di sembilan kecamatan. Antara lain Kecamatan Cilodong, Sawangan, Cipayung, Pancoran Mas, Bojongsari, Tapos, Beji, Sukmajaya, Cimanggis. Dalam sidak tersebut, pihaknya mendatangi lebih dari satu Ponpes di satu kecamatan.

“Kami ingin melihat apakah tingkat kepatuhan terhadap Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 tahun 2014 tentang KTR di Ponpes sudah terlaksana atau masih perlu peningkatan,” kata Gugun kepada depok.go.id, dijumpai di salah satu Ponpes di Kelurahan Bojong Pondok Terong, Cipayung, Kamis (18/07/2019).

Terakhir, Gugun mengimbau agar pihak Ponpes terus meningkatkan pengawasan terhadap kebiasaan merokok di kawasan tanpa rokok di Ponpes. Selain itu, dirinya juga ingin agar pihak Ponpes agar memberikan pembinaan kepada perokok yang berada di area Ponpes.

“Kami berikan lingkungan yang nyaman untuk para santri dan siswa salah satunya dengan menaati KTR. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah dalam menyerap pelajaran yang diberikan karena Ponpes merupakan salah satu dari tujuh Kawasan Tanpa Rokok di Kota Depok,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :