depok.go.id – Menikah merupakan idaman bagi seseorang yang sudah siap menjalin biduk rumah tangga. Melalui pernikahan akan lahir kehidupan baru serta tantangan hidup yang kian beragam. Seseorang yang siap menikah tentunya akan mempersiapkan segala sesuatunya jelang pernikahan tersebut berlangsung, apalagi menikah merupakan peristiwa sekali dalam seumur hidup. Berangkat dari persoalan tersebut, persiapan mental serta menjaga kondisi kesehatan menjadi sesuatu yang harus dilakukan bagi setiap pasangan calon pengantin. Salah satu persiapan fisik bagi kaum perempuan yang utama adalah pemberian Vaksin TT (Tetanus Toksoid).

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Agus Gojali mengatakan, Vaksin TT bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi tetanus. Meskipun vaksin ini sudah pernah diberikan saat masih kecil, namun tetap dianjurkan untuk dilakukan pengulangan pemberian Vaksin TT pada wanita yang hendak menikah dan wanita yang sedang hamil.

“Pemberian vaksin TT sebelum menikah dan saat hamil dimaksudkan untuk mencegah terjadinya tetanus akibat luka di daerah vagina dan akibat penggunaan alat-alat bantu persalinan yang tidak steril saat proses melahirkan,” terang Agus saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (18/09/15).

Dia menambahkan, Vaksin TT yang diberikan kepada wanita yang akan menikah dan akan melahirkan dapat meningkatkan kekebalan tubuhnya terhadap infeksi tetanus. Kekebalan tubuh tersebut akan ditularkan kepada janin dalam kandungan, sehingga akan terlindung dari infeksi tetanus juga saat lahir.

“Tetanus yang terjadi pada bayi baru lahir dapat menyebabkan kematian bayi, karena itu pemberian Vaksin TT pada ibu hamil memegang peranan penting untuk menurunkan angka kematian bayi akibat infeksi tetanus,” tambahnya.

Agus mengatakan, jika perempuan sudah melewati kesempatan untuk melakukan vaksinasi sebelum menikah, maka dianjurkan baginya untuk memperoleh vaksinasi TT saat perempuan tersebut hamil dengan usia kandungan memasuki 5-6 bulan.

“Bisa saja dilakukan pengulangan Vaksin TT saat sedang mengandung, tapi lebih baik dan sangat dianjurkan jika pranikah juga dilakukan Vaksin TT untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi,” tutupnya. (Vidyanita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :