depok.go.id – Forum Komunitas Hijau (FKH) menilai bahwa Kota Depok memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat potensial yakni berupa situ (danau). Keberadaan situ tersebut merupakan kekayaan berupa sumber daya air yang memiliki berbagai peranan, baik sebagai kawasan lindung, penampung air, daerah resapan air, serta dapat dijadikan tempat pusat interaksi masyarakat.

Berangkat dari pemikiran tersebut, FKH bekerjasama dengan sejumlah OPD terkait berencana akan mengadakan Depok Green Festival 2015. Festival ini merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan FKH, setelah dua tahun sebelumnya berjalan dengan sukses. Rencananya festival ini akan berlangsung mulai tanggal 10 hingga 11 Oktober 2015 dengan mengambil tempat di Situ Sidomukti (Situ Studio Alam).

Ketua Pelaksana Depok Green Festival, Muhammad Yunus saat di hadapan Walikota Depok Nur Mahmudi Isma’il mengatakan bahwa pemilihan Situ Sidomukti sebagai tempat Depok Green Festival 2015 karena mempunyai potensi wisata dan pengelolaan lahan yang sudah cukup baik. Rencananya selama dua hari pelaksaan festival yang mengambil tema “Cinta Tanah Air, Cinta Air dan Tanah” ini akan dimeriahkan berbagai rangkaian acara.

“Untuk hari Sabtu akan ada aksi gowes bersama, aksi tebar ikan, aksi bersih situ, aksi membuat biopori, dan aksi tanam pohon. Sementara hari Minggu kami akan mengadakan parade hijau, kompetisi lomba kantin hijau, serta panggung hijau,” ujar Yunus, Jumat (18/09/2015).

Yunus berharap dengan diadakannya festival ini, Situ Sidomukti dapat memberikan inspirasi kepada situ-situ lain di Kota Depok agar melakukan pengelolaan lahan yang lebih baik lagi. Sementara itu, Walikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il menyambut baik serta mengapresiasi rencana yang dibuat oleh FKH. Ia berharap acara ini nantinya dapat dijadikan ajang mengkampanyekan aksi peduli lingkungan untuk mencegah pemanasan global dan mewujudkan misi Kota Depok sebagai kota hijau.

“Mudah-mudahan dengan adanya acara ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat Kota Depok untuk berperan serta dalam menjaga ekologis situ,” pungkas Nur Mahmudi seraya berharap. (Nurul Hasanah/Ed: Faahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :