Bunda Elly didampingi Kepala Disdukcapil Kota Depok dan Ketua Bhayangkari Kota Depok secara simbolis membagikan 11 AK kepada warga. (Pipin/Diskominfo)

depok.go.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkari ke-66 ini, membagikan 82 Akta Kelahiran (AK) bagi anak-anak polisi yang bertugas di Polresta Depok. Jumlah ini merupakan bagian dari 115 berkas pendaftaran yang akan diproses dalam waktu dekat.

“Tadi yang dibagikan secara simbolis kepada 11 orang. Lembar AK ini, merupakan salah satu upaya memenuhi hak anak terkait pencatatan sipil,” kata Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbahul Munir di Balai Kota, Selasa (18/09/2018).

Munir menambahkan, secara teknis berkas yang diajukan sebelumnya dikumpulkan terlebih dahulu di Polsek. Setelah lengkap, masing-masing Polsek tersebut memberikan berkas kepada Disdukcapil untuk diproses lebih lanjut.

Dikatakannya, pembuatan AK untuk anak-anak polisi tidak terbatas pada kegiatan seremoni HUT Bhayangkari saja. Pihaknya membuka pintu seluas-luasnya, kepada para orang tua yang belum memiliki AK untuk mengajukan berkasnya kepada Disdukcapil Kota Depok.

“Kalau ini kan kita hanya memanfaatkan momentum saja. Karena bagaimanapun juga, AK menjadi salah satu bentuk pengakuan negara terhadap kewarganegaraan anak yang bersangkutan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Bhayangkari Kota Depok, Verni Didik Sugiarto mengapresiasi upaya Disdukcapil terhadap pemenuhan hak-hak anak, terutama dari keluarga kepolisian. Dirinya menilai kepemilikan AK sangat penting di masa mendatang.

“AK ini sangat penting bagi masa depan anak-anak, apabila ingin mendaftar sekolah juga harus ada AK. Sayang sekali apabila persoalan administrasi menjadi kendala. Saya berterima kasih kepada Disdukcapil Kota Depok,” tutupnya.

Penulis : Pipin Nurullah
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :