UPT LPSE Kota Depok menggelar pelatihan penggunaan aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) versi 4.3 (Arsyil/Diskominfo)

depok.go.id- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Depok semakin gencar menggelar pelatihan penggunaan dan troubleshooting aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) versi 4.3. Pasalnya, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, penggunaan SPSE harus memenuhi standar yang terdapat pada SPSE veri 4.3.

“Pelatihan ini kami berikan berdasarkan permintaan langsung dari pen

yedia, karena awal tahun 2019 harus sudah siap menggunakan versi 4.3,” kata Kepala UPT LPSE Kota Depok Agus Setiawan kepada depok.go.id, Selasa (18/09).

Dikatakan Agus, penyedia maupun kelompok kerja (pokja) harus mulai mempersiapkan diri untuk menggunakan SPSE versi 4.3. Tentunya lebih memudahkan dan mempercepat proses pengadaan barang dan jasa.

Sementara itu, narasumber dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia, Arif Ardiansyah menuturkan, SPSE versi 4.3 memiliki beberapa perbedaan dari versi 3.6. Tampilan dan kolomnya juga lebih lengkap dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Untuk versi 4.3, baik penyedia maupun pokja dapat melakukan lelang secara cepat. Kemudian, sinkronisasi datanya juga lebih mudah dan sigap, serta mempermudah penginputan barang dan jasa.

“Ini akan lebih memudahkan, maka kesiapannya harus dilakukan sejak saat ini agar nanti saat Januari 2019 seluruhnya sudah dapat menggunakan versi terbaru untuk pengadaan barang dan jasa,” pungkas Arif.

Penulis : Indri Purnama
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo

Bagikan post melalui :