depok.go.id – Kecamatan Sukmajaya memiliki komitmen menjaga kelestarian budaya lokal. Karena itu, pihaknya senantiasa mengadakan kegiatan yang bertemakan kebudayaan. Kali ini pihak kecamatan menggagas kegiatan Gelar Budaya 2019 yang akan dilaksanakan pada Minggu 22 September mendatang di Taman Kicau Mania Abadijaya.

“Tujuan dari Gelar Budaya ini untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan kembali budaya asli Depok. Salah satunya tradisi Bebesan Kampung,” kata Camat Sukmajaya, Tito Ahmad Riyadi kepada depok.go.id, Rabu (18/09/2019).

Dikatakannya, dalam Gelar Budaya 2019, bakal ada beberapa rangkaian acara yang sarat dengan nilai seni dan budaya. Antara lain peresmian monumen seni tradisional dari limbah plastik dan hiburan berupa Teater Kebon Pule, silat, seni tari, serta lenong.

“Tidak lupa juga, kami akan mengadakan lelang karya lukis dari seniman asli Sukmajaya,” ucapnya.

Tito menuturkan, Gelar Budaya hanya sebagian dari beragam kegiatan kecamatan yang mengangkat seni dan budaya lokal, khususnya Betawi. Dengan adanya kegiatan tersebut, dirinya berharap bisa mengajak generasi muda untuk ikut berkontribusi dalam melestarikan kebudayaan.

“Untuk permulaan memang kita lebih banyak mengangkat unsur budaya Betawi. Tetapi tidak menutup kemungkinan, selanjutnya kita memperkenalkan budaya lainnya sebagai wujud kemajemukan masyarakat di Sukmajaya,” pungkasnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :