Wali Kota Depok, Mohammad Idris. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Wali Kota Depok, Mohammad Idris, memberikan motivasi kepada puluhan Keluarga Penerima Manfaat (KPM)  Elektronik Warong Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (e-Warong KUBE Jasa PKH) yang digelar Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok. Motivasi ini diberikan agar masyarakat prasejahtera tersebut semakin semangat untuk menjalani kehidupan secara mandiri.

“Saya memberikan spirit dan dorongan nonmaterial, agar para KPM terus meningkatkan kemandiriannya. Meskipun mereka mendapatkan bantuan dari pemerintah,” ujarnya kepada depok.go.id di Rizen Primer Hotel, Cisarua, Bogor, Rabu (18/09/2019).

Dirinya menjelaskan, pemerintah menginginkan agar kesejahteraan KPM semakin meningkat. Untuk itu, bagi KPM yang dipilih dalam pengelolaan e-Warong harus mampu menjadi KPM yang produktif.

“Bagi KPM yang mengelola e-Warong diharapkan dapat tetap semangat untuk mandiri. Mengikuti pelatihan agar dapat memotivasi diri untuk lepas dari kemiskinan. Dalam pelatihan ini juga dibekali dengan kewirausahaan serta materi tentang ketahanan keluarga,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, terkait ketahanan keluarga nantinya pemateri akan memberikan informasi tentang pola asuh anak, sekaligus menjaga anak-anak dari bahaya kekerasan kepada anak. “Pesannya harus terus diulang-ulang, sampai para KPM mengerti. Sekaligus semangat untuk mandiri nantinya,” ucapnya.

Lebih lanjut, dirinya juga memberikan apresiasi atas dedikasi para pendamping KPM dalam mendorong kemandirian peserta. Sehingga para KPM dapat hidup sejahtera dengan bekal modal yang telah diberikan.

“Para pendamping atau penyelia ini adalah pekerja sosial. Mereka sangat istimewa, saya terinspirasi atas kerja-kerja para pendamping,” tutupnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor : Dunih

 

Diskominfo

Bagikan post melalui :