depok.go.id – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan melatih 100 kader kesehatan untuk mengisi Sistem Informasi Pemetaan Profil Kesehatan Lingkungan (SIPP KLING). Aplikasi SIPP Kling merupakan upaya kesehatan masyarakat berbasis teknologi digital.

Menurut Kepala UPT Puskesmas Sawangan, Winarni Naweng Triwulandari, nantinya para kader dengan aplikasi yang sudah tersedia akan melakukan pendataan profil kesehatan lingkungan yang langsung diinput ke aplikasi tersebut. Aplikasi ini juga akan mempermudah pelayanan kesehatan kepada masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan.

“Kalau sudah aktif tentu akan memudahkan kita untuk melihat kondisi kesehatan lingkungan di wilayah. Kami beri pelatihan ke kader kesehatan di Kelurahan Sawangan dan Sawangan Baru,” kata Naweng kepada depok.go.id di Puskesmas Sawangan, belum lama ini.

Dirinya menuturkan, aplikasi SIPP Kling digunakan oleh para kader yang ada di Puskemas Sawangan. Para kader akan mengisi daftar isiian yang menjadi bank data.

Menurut Naweng, dari data itu, pihaknya dapat mengetahui berapa warga yang sudah menerapkan PHBS. Selanjutnya, Puskesmas bakal melakukan pembinaan bahkan bantuan agar warga menerapkan PHBS di rumah.

“Perkembangan teknologi harus dimanfaatkan untuk memudahkan pekerjaan. Begitu pula yang dilakukan Puskesmas Sawangan,” pungkasnya.

 

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :