AKSI BERSIH-BERSIH: Forum Komunitas Hijau (FKH) menggelar aksi nyata berupa kerja bakti di Situ Pengasinan, Sawangan pada Minggu (19/02/2017). (Foto: Nurul/Diskominfo)

depok.go.id- Forum Komunitas Hijau (FKH) Depok melakukan aksi peduli lingkungan melalui kegiatan kerja bakti di Situ Pengasinan, Sawangan Kota Depok pada Minggu, (19/02/2017). Aksi peduli lingkungan tersebut dilakukan untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Turut hadir dalam kerja bakti Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Etty Suryahati, Lurah Pengasinan, Fahlun, Karang Taruna Pengasinan, Satgas Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Depok dan warga sekitar Situ Pengasinan.

“Kami melakukan aksi peduli lingkungan untuk masyarakat sekitar agar melakukan kebersamaan dalam menanggulangi masalah lingkungan. Kebetulan juga tanggal 21 Februari merupakan Hari Peduli Sampah Nasional, maka sekaligus mengajak warga untuk kerja bakti. Namun, kegiatan ini tidak hanya dilakukan saat peringatan HPSN saja, karena kami secara rutin selalu mengadakan kegiatan kerja bakti ini berpindah-pindah,” jelas Ketua FKH Depok, Heri Syaefudin kepada depok.go.id.

Lebih lanjut, Heri menuturkan, pihaknya melakukan kerja bakti dengan membersihkan sampah-sampah di dalam Situ Pengasinan dan kemudian mengangkat sedimen-sedimen yang ada di situ.

“Kami juga dibantu oleh Satgas Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Depok, kita sama-sama turun ke situ dan mereka yang punya alatnya. Kemudian juga turut dibantu dari DLHK dan Komando Rayon Militer (KORAMIL),” terangnya.

Dirinya mengharapkan dengan dari adanya kegiatan tersebut dapat menumbuhkan kebersamaan dan kecintaan, untuk menata serta merawat kelestarian lingkungan.

Sementara itu, Kepala DLHK Kota Depok, Etty Suryahati menjelaskan, makna dari peringatan HPSN adalah untuk mendorong masyarakat agar bersama-sama melakukan aksi bersih-bersih sampah di lingkungan.

“Kerja bakti ini membersihkan sedimen-sedimen untuk menormalisasi, kemudian yang berguna untuk menampung air lebih besar dan mengurangi pembuangan air yang sampai ke Jakarta,”terangnya.

Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan, untuk tingkat kebersihan sudah lumayan baik di Kota Depok. “Tetapi tetap harus lebih keras lagi, karena timbulnya sampah seiring dengan adanya pertumbuhan penduduk,” katanya.

Di tempat yang sama, Lurah Pengasinan, Fahlun menambahkan, pihaknya memiliki rencana untuk menjaga kebersihan di Situ Pengasinan, dengan tetap melaksanakan kerja bakti setiap minggu di Situ Pengasinan yang telah menjadi ikon dari Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan.

“Kita disini juga sudah tersedia bank sampah, kemudian sebagian warga Pengasinan sudah melaksanakan pemilahan sampah,”ucapnya.

Dirinya pun berharap, mudah-mudahan ke depan, seluruh wilayah di Kelurahan Pengasinan dapat memilah sampah dari sumbernya.

Penulis: Nurul Darojat

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

 

Diskominfo

 

 

 

Bagikan post melalui :