Forum Renja PD Dinas Sosial Kota Depok8depok.go.id-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok ingatkan pentingnya melakukan pemberdayaan kepada Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Pemerintah harus memerhatikan kesejahteraan sosial bagi para PMKS agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri di Kota Depok.

“PMKS yang harus diberikan perhatian antara lain anak terlantar, anak yang berhadapan dengan hukum, anak jalanan, anak disabilitas dan anak yang mengalami kekerasan,” jelas Ketua Komisi D DPRD Kota Depok Pradana Mulyoyunanda, usai menghadiri Forum Perangkat Daerah Dinas Sosial (Dinsos) Depok di Rumah Kabeda, Kukusan, Beji, Senin (19/02/2018).

Menurutnya, pembinaan dapat diberikan oleh para PMKS seperti anak jalanan. Kemudian pendampingan bagi anak yang berhadapan dengan hukum. Hal tersebut dikarenakan psikologi anak tersebut masih labil.

Selain itu, ucap Pradana, pemerintah juga harus memerhatikan anak yang memerlukan perlindungan khusus seperti dalam situasi darurat, dari kelompok minoritas dan terisolasi. Tak hanya itu, anak yang dieksploitasi, diperdagangkan, serta menjadi korban penyalahgunaan narkotika, alkohol, psikotropika, dan zat adiktif (napza) juga harus terus diberikan perhatian dan pembinaan dari pemerintah.

“Pemerintah dapat memberdayakan mereka melalui pelatihan. Sebab dengan upaya tersebut diharapkan dapat mengasah keahlian mereka. Kemudian panti sosial dapat diajukan sebagai media pembinaan bagi PMKS agar mereka tidak lagi berada di jalan,” pungkasnya.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :