KPP Pratama3

Kepala Kanwil DJP Jawa Barat III, Mohammad Isnaeni (kiri) bersama Kepala KPP Pratama Depok Cimanggis saat menandatangani pakta integritas dalam deklarasi Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi, Senin (19/02/18). (Foto: Jose/Diskominfo)

depok.go.id- Dua Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Kota Depok yaitu KPP Depok Cimanggis dan KPP Depok Sawangan terpilih menjadi KPP percontohan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Kedua KPP tersebut terpilih dari 10 KPP yang berada dalam (Kantor Wilayah) Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat III.

Kepala Kanwil DJP Jawa Barat III, Mohammad Isnaeni mengatakan, terpilihnya kedua KPP tersebut berdasarkan tahapan evaluasi yang telah dilakukan. Menurutnya, evaluasi yang dilakukan yaitu dengan menggunakan kriteria PIAK (Penilaian Inisiatif Integritas Anti Korupsi).

“Jadi dari hasil evaluasi tersebut, kedua KPP ini mendapatkan nilai tertinggi selama dua tahun berturut-turut. Inilah yang menjadi alasan dipilihnya kedua KPP tersebut menjadi percontohan,” tuturnya kepada depok.go.id, usai acara Deklarasi Zona Integritas Menuju WBK di kantor KPP Depok Cimanggis, Senin (19/02/2018).

Menurutnya, KPP Depok Cimanggis dan KPP Depok Sawangan nantinya akan diikutsertakan dalam lomba di tingkat nasional untuk meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Lebih lanjut, ucapnya, WBK merupakan hasil dari upaya pencegahan korupsi yang dilaksanakan secara konkrit di dalam lingkup zona integritas.

“Untuk meraih predikat WBK, kedua KPP tersebut akan terus dilakukan evaluasi dan penilaian secara berjenjang mulai dari penilaian mandiri oleh unit eselon II, diteruskan ke unit eselon I, penetapan penilaian oleh Menteri Keuangan. Kemudian penilaian akan dilanjutkan oleh tim independent dan tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI,” terangnya.

Sementara itu,  Kepala KPP Depok Cimanggis, Deni Hendana mengapresiasi atas terpilihnya KPP tersebut sebagai KPP percontohan dari sepuluh KPP yang berada di Kanwil Jabar III. Dirinya berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak serta meningkatkan sinergitas dengan seluruh jajaran yang berada dalam KPP Depok Cimanggis.

“Ini merupakan satu amanah yang luar biasa dari Kanwil Jabar III. Mulai hari kita berkomitmen untuk menjalankan zona integritas ini dengan sebaik-baiknya, agar KPP ini bisa masuk dalam suatu wilayah yang bebas korupsi,” tutupnya.

Penulis : Jose Marques

Editor : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :