erlin erlina

Kepala UPT Puskesmas Sawangan, Elin Herliana (kiri). (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan bertekad meningkatkan Angka Harapan Hidup (AHH) warga di Kecamatan Sawangan dengan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Guna terwujudnya hal itu, Puskesmas Sawangan telah mendata sekitar 900 Kepala Keluarga (KK) yang merupakan komponen terkecil dalam masyarakat.

Kepala UPT Puskesmas Sawangan, Elin Erliana mengatakan, pendataan ini dimaksudkan untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang dimulai dari komponen terkecil yakni keluarga. Serta guna meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga.

“Semua rumah, khususnya di Kelurahan Sawangan Baru bertahap akan kami data, apakah keluarga mereka sehat-sehat saja ataukah belum mencapai apa yang kita harapkan,” ujar Elin, Senin (19/02/2018).

Dikatakannya, pendataan yang dilakukan ini merupakan data riil yang didapat langsung dari petugas Puskesmas Sawangan dengan mendatangi langsung masyarakat. Pendataan dilakukan dengan menggali semua aspek mulai dari kesehatan personal anggota keluarga, penyakit, lingkungan, gizi, hingga riwayat imunisasi yang telah dilakukan.

“Kalau data ini sudah ada, nantinya kami akan lebih mudah memberikan intervensi peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Setiap wilayah atau pun setiap keluarga akan berbeda masalah yang dipunya, sangat spesifik, akan berbeda pula pendekatan penyelesaian masalahnya,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :