Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Depok, Elly Farida. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Depok, Elly Farida mengingatkan semua Kader PKK untuk optimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Pasalnya, sinergitas dari Kader PKK dapat membantu pemerintah mewujudkan program Ketahanan Keluarga di Kota Depok.

“Kader punya peran penting untuk program Ketahanan Keluarga, maka kami ingatkan agar terus meningkatkan perannya diberbagai kegiatan,” tuturnya saat memberikan arahan pada acara Optimalisasi Posyandu bagi Kader PKK dalam mewujudkan Ketahanan Keluarga di aula Kantor Kecamatan Pancoran Mas, Selasa (19/02/19).

Dikatakan Bunda Elly, sapaannya, masing-masing kelompok kerja (pokja) di PKK memiliki tugas dan fungsi yang berbeda. Namun dalam pelaksanaannya, para kader dalam pokja harus lebih optimal mewujudkan program Ketahanan Keluarga.

Dirinya menjelaskan, untuk Pokja I dapat melakukan penekanan terhadap pola asuh anak dan remaja, dimana masyarakat akan diajak untuk tidak hanya sekadar merawat anak saja. Tetapi, juga memberi kasih sayang, mengasah bakat, dan juga mengajarkan nilai-nilai yang ada di masyarakat.

Sedangkan untuk Pokja II, tambahnya, dukungan yang bisa dilakukan melalui ketahanan ekonomi dengan salah satu upaya yang dilakukan yakni pembinaan kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Sedangkan yang dilakukan oleh Pokja III dalam menyumbang kesuksesan Ketahanan Keluarga dengan menekankan penataan rumah tangga.

“Pokja IV juga memiliki peran yang sangat penting, karena untuk Ketahanan Keluarga dibutuhkan pola hidup sehat dalam keluarga. Seperti rajin membawa anak yang masih balita ke posyandu dan penguatan keluarga agar lebih peduli dengan rutin melakukan olahraga,” tutupnya.

 

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :