Bunda PAUD KOta Depok saat memberikan arahan pada acara Pengukuhan Bunda Literasi dan Bunda PAUD se-Kota Depok. (Foto: Bima/Diskominfo)

 

depok.go.id- Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Depok, Elly Farida  menekankan tujuh teknik literasi anak usia dini yang dapat dilakukan guru di lembaga PAUD dan orang tua. Tujuh teknik literasi tersebut berguna untuk menstimulasi dan memberi dorongan literasi anak usia dini (AUD) dalam meningkatkan minat baca.

“Kita harus tekankan tujuh teknik literasi PAUD agar dapat membantu menstimulasi dan memberi dukungan kepada mereka,” katanya saat Pengukuhan Bunda Literasi dan Bunda PAUD se-Kota Depok di aula lantai 10, Gedung Dibaleka 2, Selasa (19/3/19).

Dirinya mengatakan, ketujuh teknik ini sangat fleksibel dan dapat disajikan secara bertahap untuk mendapatkan perhatian anak tentang literasi.

Adapun tujuh teknik listerasi AUD tersebut antara lain membaca dengan keras dan banyak bicara, menempel logo huruf di sekitar ruang kelas atau rumah, merancang literasi sensor, bergembira dengan nama.

“Serta bergembira dengan suara, mewarna menulis dan membaca kembali, dan buku penghubung listerasi,” tuturnya.

Elly menambahkan, semua teknik itu harus disajikan dengan metode menyenangkan dan berulang secara konsisten oleh guru di lembaga PAUD. Selain juga harus didukung dengan kasih sayang orang tua di rumah.

“Artinya, kerjasama produktif antara lembaga PAUD dan orang tua sangat dibutuhkan untuk membuat level PAUD menjadi lebih berkualitas,” pungkasnya.

 

 

Penulis : Indri Purnama dan Balggys Maeshyntha

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

 

 

Bagikan post melalui :