depok.go.id – Keberadaan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Depok di tingkat kecamatan dan kelurahan ikut membantu pemerintah dalam meningkatkan minat baca dan tingkat literasi di Kota Depok. Dalam tugasnya, Bunda PAUD dapat bersinergi bersama orang tua dan sekolah untuk memberikan pendidikan kepada anak untuk dapat lebih gemar membaca.

“Pendidikan anak dapat diperoleh pertama melalui orang tua dan sekolah, dengan begitu diharapkan Bunda PAUD disetiap wilayah dapat memantau dan memberikan pemahaman yang lebih dalam meningkatkan literasi pada anak,” tutur Bunda PAUD Kota Depok, Elly Farida saat Pengukuhan Bunda PAUD dan Bunda Literasi se-Kota Depok di aula lantai 10 Gedung Dibaleka II, Selasa (19/03/19).

Dikatakannya, dalam meningkatkan minat baca dan literasi anak itu, Bunda PAUD di kecamatan dan kelurahan harus melakukan pendekatan kepada orang tua. Selain itu juga memberikan penyuluhan dan informasi apa saja yang harus dilakukan agar anak gemar membaca.

Selain itu, lanjutnya, kecamatan dan kelurahan juga dapat memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk lebih mudah dalam mengakses buku bacaan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan adanya pojok baca maupun taman baca, khususnya bagi anak.

“Selain peranan orang tua juga perlu adanya fasilitas yang memadai untuk anak dalam mengakses buku bacaan. Ini tugas untuk Bunda PAUD di kelurahan dan kecamatan,” pungkasnya.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :