kunker_3

Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kediri melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Diskominfo Kota Depok. (Foto : Bima/Diskominfo)

depok.go.id –  Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kediri melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Diskominfo Kota Depok. Dalam kunjungannya, Ketua Komisi A DPRD Kediri, Edy Suprapto, beserta ketujuh anggotanya berharap kemajuan Information Technology (IT) yang telah dimiliki Depok, nanti bisa juga diaplikasikan di Kediri untuk mendukung pengembangan e-government.

“Berkaitan dengan IT, di daerah Kabupaten Kediri memang rada tertinggal. Oleh sebab itu, kami ingin berdiskusi tentang pengembangan IT dan e-government di Diskominfo Depok, yang nantinya dapat kita aplikasikan di Kediri,” ujar Edy, Rabu (19/04/17).

Dalam kunjungannya, kata Edy, pihaknya mendapat banyak masukan terkait pengembangan e-government. Termasuk pengembangan aplikasi-aplikasi yang terintegrasi antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang satu dengan yang lain.

Edy mengakui, ada beberapa kendala yang menyebabkan terhambatnya perkembangan IT di Kediri. Salah satunya karena minimnya pemahaman terkait pentingnya perkembangan IT dalam menyokong kegiatan dan pelayanan pemerintahan. “Kami sering melakukan kunjungan ke daerah-daerah, guna menyerap ilmu untuk memajukan Kediri,” jelas Edy.

Sementara itu, Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo Kota Depok, Rahmat Maulana yang menerima rombongan mengatakan, dalam mengembangkan e-government, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni pentingnya membuka diri dan meningkatkan sumber daya manusia yang berkompeten di bidang IT. Selama ini, diakuinya Diskominfo Depok kerap mendapat masukan dari kalangan kampus yang berdomisili di Kota Depok.

“Juga pentingnya kolaborasi, kita Diskominfo juga ada bantuan dari mahasiswa Gunadarma, Universitas Indonesia dan lain-lain,” ucapnya.

Tidak hanya itu, menurut Rahmat, sangat penting membangun kesadaran dalam membangun IT, sehingga satu sama lain bisa saling bahu-membahu mengembangkan IT untuk kemajuan kota. “IT tidak harus dibangun oleh pemerintah, tetapi IT harus dibangun untuk meningkatkan layanan pemerintahan,” pungkasnya.

kunker_4

Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :