fokla4

Ketua Forum Kota Layak Anak (Fokla), Kota Depok, Retno Wijayanti usai menghadiri seminar Ketahanan Kelurga yang dilaksanakan oleh Pokja I PKK Kota Depok di Aula Lantai 1 Balai Kota Depok, Rabu (19/04/2017). (Foto : Guntur/Diskominfo)

depok.go.id – Peningkatan ketahanan keluarga diperlukan guna mempercepat implementasi Depok Kota Layak Anak. Karena itu, Forum Kota Layak Anak (Fokla) Kota Depok menilai peran masing-masing keluarga harus terus dikuatkan dalam lingkungan masyarakat.

Ketua Forum Kota Layak Anak Kota Depok, Retno Wijayanti mengatakan, dalam mempercepat Depok Kota Layak Anak bukan sesuatu yang mudah. Sebab, butuh peran aktif seluruh elemen untuk mendukung Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam menjalankan hal tersebut.

“Salah satu indikator Kota Layak Anak adalah bagaimana kota itu mampu memberikan perlindungan terhadap anak. Karena itu, harus dimulai dari memperkuat ketahanan keluarganya terlebih dulu,” kata Retno kepada depok.go.id, Rabu (19/04/2017).

Dikatakannya, keluarga merupakan sebuah komunitas terkecil yang terdapat di masyarakat. Namun, kondisi yang terdapat di setiap keluarga, dapat mencerminkan kondisi masyarakat di kota tersebut.

“Ketika keluarga memiliki ketahanan di berbagai aspek, seperti aspek ekonomi, fisik, dan sosial, maka masyarakatnya juga akan kuat. Begitu pula sebaliknya, bila keluarga tidak memiliki ketahanan yang cukup baik, maka dipastikan kondisi masyarakat di kota tersebut juga tidak baik,” jelasnya.

Retno pun mengapresiasi upaya Pemkot Depok yang mencanangkan program ketahanan keluarga. Menurutnya, melalui program tersebut, Pemerintah Kota dinilai mampu menghadirkan berbagai inovasi yang dapat mempercepat implementasi Depok Layak Anak.

“Dalam kurun waktu pemerintahan yang sekarang, kami menilai sangat inovatif. Karena sudah menjalankan sejumlah kegiatan yang mendorong program ketahanan keluarga. Sehingga, penguatan masyarakat dimulai dari keluarganya dahulu,” tuturnya.

Retno berharap, agar Pemkot Depok dapat terus melaksanakan berbagai program yang bertujuan untuk meningkatkan penguatan ketahanan keluarga. Salah satunya dengan menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga keharmonisan di tiap keluarga.

“Kami berharap agar Pemerintah Kota terus mengimbau kepada warga Depok mengenai pentingnya ketahanan keluarga tersebut. Keluarga harus menjadi hal yang utama bagi masyarakat. Serta menjadi landasan yang kuat untuk mempercepat implementasi Depok sebagai Kota Layak Anak,” tandasnya.

Penulis: Guntur Widyanto

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :