Wali Kota Depok, Mohammad Idris, Ketua TP PKK Kota Depok Elly Farida, Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah dan Kepala perpustakan nasional RI , Muhamad Syarif Bandosaat menghadiri kegiatan Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca Perpustakaan Nasional Republik Indonesia , di Aula Perpustakaan Kota Depok, Kamis ( 19/07/2018).

depok.go.id –   Dalam meningkatkan minat baca sejak usia dini, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok menjalin kerja sama aktif dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia (RI). Kerja sama upaya peningkatakan minat baca di kalangan generasi muda ini, juga melibatkan guru sekolah PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK serta komunitas.

“Indeks membaca masyarakat Indonesia masih rendah, perlu adanya peningkatan dalam hal minat membaca di kalangan seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah saat kegiatan Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca di Aula Perpustakaan Kota Depok, Kamis (19/07/2018).

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat baca anak. Mulai dari keluarga, lingkungan, dan pemerintah. Peran pemerintah ini, kata Siti, terkait dengan pengadaan buku dan pemberdayaan pustakawan.

“Saat ini Pemerintah Kota Depok telah memberikan fasilitas perpustakaan umum yang dapat dinikmati seluruh warga Kota Depok. Koleksi buku yang ada kurang lebih 27 ribu judul buku, dan rencananya tahun ini akan bertambah sebanyak 5000 buku,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Perpustakan Nasional RI, Muhamad Syarif Bando menuturkan, kegemaran membaca di kalangan anak-anak nantinya akan menjadi modal besar dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia. Oleh karena itu, fasilitas yang ada akan terus ditingkatkan sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

“Langkah kami melalui sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pustakawan, terutama mutu bacaan dan pengunjung perpustakaan di Kota Depok,” tutupnya.

Penulis: Dian Afrianti Kunto
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :