Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, di Aula Perpustakaan Kota Depok, Kamis ( 19/07/2018). (Foto : Bima/Diskominfo)

depok.go.id –  Wali Kota Depok Mohammad Idris mengajak orang tua untuk terlibat langsung membiasakan budaya baca pada anak-anaknya. Keterlibatan orang tua dinilai penting untuk menciptakan mutu dan kualitas bangsa Indonesia yang lahir dari kebiasaan membaca.

“Dalam meningkatkan gemar menulis dan membaca sejak dini, perlu peranan orang tua atau keluarga, serta lingkungan yang mendorong minat anak membaca dan belajar lebih rajin. Sebab, orang tua lebih mengetahui serta memahami karakter anak tersebut,” ujarnya usai menghadiri kegiatan Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca di Aula Perpustakaan Kota Depok, Kamis (19/07/2018).

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, kegiatan membaca dan menulis memiliki arti atau inti yang sama dalam upaya meningkatkan budi pekerti anak. Tanpa dukungan seluruh lapisan masyarakat, tentunya gerakan literasi ini tak ada manfaatnya.

“Peran serta guru dan staf pengajar di sekolah memberikan ilmu dan pendidikan. Sedangkan, pendidikan di rumah menjadi salah satu tiang dalam memberikan pengetahuan serta pendidikan bagi anak di masa mendatang,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, Pemerintah Kota Depok juga akan terus meningkatkan kualitas dan fasilitas Perpustakaan Umum Kota Depok. Tujuannya agar minat membaca dan menulis semakin meningkat di Kota Depok.

“Upaya ini perlu adanya kontribusi dari semua pihak. Oleh karena itu, mari kita tanamkan minat baca dan menulis sejak dini,” tandasnya.

Penulis: Dian Afrianti Kunto
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :