rudep

Hasil kerajinan tangan berbentuk kapal titanic replika para warga binaan Rutan Depok

depok.go.id – Rumah Tahanan (Rutan) Depok memiliki hasil industri kreatif yang bernilai ekonomis. Para penghuni Rutan dibina dengan cara membuat kreasi yang berguna untuk mengisi waktu luangnya.

Salah satu kreasi yang dibuat yakni pajangan yang terbuat dari lintingan kertas koran. Lintingan itu dibuat menjadi berbagai macam kerajinan tangan seperti perahu atau kapal mulai dari ukuran yang kecil hingga yang besar.

Pengerjaannya sangat detail, setiap ukirannya pun hampir sama dengan kapal sungguhan. Untuk kapal kecil, penghuni Rutan membuatnya sendiri selama dua hari. Sedangkan untuk kapal titanic replika dikerjakan selama tiga hari dibantu dengan 7 warga binaan. Dengan rincian bahannya yang terdiri dari 4.995 lintingan koran dengan berat 45kg.

Melihat kreatifitas para warga binaan yang berada di Rutan Depok ini, Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna sangat mengapresiasi produk dari para warga binaan di Rutan Depok. Selain dapat berkreasi tetapi mereka memiliki semangat untuk menjalani kehidupan.

“Sangat luar biasa sekali dan saya apresiasi setinggi-tingginya melihat kreatifitas warga binaan Rutan Depok. Meskipun dengan kondisi yang terbatas, tapi bisa menghasilkan kreasi yang sangat artistik,” ujar Pradi, baru-baru ini.

Ia juga sempat meminta kepada para warga binaan untuk membawa kapal hasil kerajinan mereka untuk dibawa ke kantor Balaikota Depok. Serta dirinya juga mengizinkan apabila warga binaan ini mendapat izin dari kepala Rutan Depok untuk berkunjung ke Balaikota Depok sesekali.

“Balaikota Depok terbuka untuk seluruh masyarakat, tak ketinggalan pada warga binaan. Tetapi dengan catatan mendapat izin juga dari Kepala Rutan Depok. Kami juga terbuka apabila para warga binaan ingin memamerkan hasil karyanya di Balaikota Depok,” tandasnya. (Meida/ Nurul Hasanah/ Ed: Siti Rahma – Diskominfo)

Bagikan post melalui :