Pembentukan Pos UKK bagi pekerja informal pengrajin tahu di RT 03/RW 04, Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong, Senin (19/08/19). (Foto: Istimewa).

depok.go.id-Upaya menciptakan lingkungan yang sehat terus dilakukan Kelurahan kalimulya. Salah satunya, dengan membentuk Pos Upaya Kesehatan Masyarakat (UKK) bagi pekerja informal pengrajin tahu di RT 03/RW 04.

“Pembentukan pos tersebut sebagai upaya mendekatkan pelayanan kesehatan kepada para pekerja industri rumah tangga, sehingga derajat kesehatan mereka bisa meningkat,” tutur Lurah Kalimulya, Nandang Juhana kepada depok.go.id usai meresmikan Pos UKK Tahu Pak Soleh di RT 03/RW 04, Senin (19/08/2019).

Nandang menjelaskan, fungsi utama dari Pos UKK adalah melakukan usaha promotif dan preventif. Seperti, penyuluhan kesehatan kerja, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pengenalan risiko kerja, perbaikan lingkungan kerja, pemeriksaan kesehatan, dan lainnya.

“Lewat Pos UKK, kami bersama Puskesmas akan terus memantau kesehatan para pekerja. Langkah itu dinilai penting agar tidak berdampak pada makanan yang dihasilkan,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, ke depan pembentukan Pos UKK akan lebih dimaksimalkan di beberapa industri pangan lainnya di seluruh wilayah di Kalimulya. Agar masyarakat selaku konsumen dapat lebih aman dalam mengonsumsi makanan yang dijual bebas di pasaran.

“Pos UKK ini merupakan pilot project di Kalimulya. Mudah-mudahan ke depan dapat terus bertambah,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :