atcs_3

Kepala Seksi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Depok, Ari Manggala menjelaskan penggunaan ATCS di depan Wakil Wali Kota di Ruang ATCS, Kantor Dishub Kota Depok, Senin (19/9/2016). (Foto : Indri/Diskominfo)

depok.go.idArea Traffic Control System (ATCS), teknologi informasi yang digunakan untuk pengendalian lalu lintas yang dimanfaatkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok dilengkapi dengan 15 CCTV. Seluruh kamera terse but tersebar di seluruh wilayah di Kota Depok.

Kepala Seksi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Depok, Ari Manggala mengungkapkan, bahwa CCTV terpasang di lima persimpangan di Kota Depok. Setiap persimpangan terdapat dua hingga tiga CCTV.

“Tergantung kebutuhan di wilayah tersebut, jika volume kendaraan lebih banyak maka jumlah kamera yang digunakan juga menyesuaikan,” tuturnya saat ditemui di ruang ATCS, Kantor Dishub Kota Depok, Senin (19/9/2016).

Adapun lima persimpangan yang menjadi pusat titik pantau Dishub yaitu persimpangan Simpang Depok, persimpangan menuju Tol Cijago, persimpangan Jalan Siliwangi dan Jalan Margonda, persimpangan Ramanda, serta persimpangan Juanda.

Pantauan yang dilakukan diantaranya arus lalu lintas, pencatatan volume dan kecepatan kendaraan, serta pelanggaran yang dilakukan para pengemudi. Melalui ATCS, Dishub Kota Depok dapat memantau pelanggar lalu lintas hingga melihat plat nomor kendaraan tersebut.

Dalam hal ini, Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna mengungkapkan bahwa ATCS merupakan jawaban dari kebutuhan Kota Metropolis seperti Kota Depok. Dengan ini, dapat lebih mudah mengakses informasi lalu lintas yang terjadi secara langsung.

“Ini sangat bagus sebagai bukti bahwa Depok Smart City, melalui pantauan CCTV dapat melihat dan menginformasikan pantauan lalu lintas yang cepat, tepat, dan murah,” tutup Wakil Wali Kota saat memantau ruang ATCS.

atcs_4

Hasil pantauan ATCS. (Foto : Dishub Kota Depok)


 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis : Indri

Editor : Siti Rahma dan Yulia Shoim

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :