depok.go.id-Wali Kota Depok, Mohammad Idris, hari ini meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang merupakan program dari Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok di RT 04/RW 06, Kelurahan Cipayung. Dengan sistem tersebut, nantinya warga di 41 Sambungan Rumah (SR) akan mendapatkan aliran air bersih secara gratis.

“Untuk sementara air bersih ini hanya bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan tidak untuk dikonsumsi. Ke depan kami akan tingkatkan agar bisa dikonsumsi sebagai air minum,” ujarnya usai kegiatan Ngobrash Sawali dan Peresmian SPAM Komunal di Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Kamis (19/09/2019).

Dikatakannya, menurut survei yang dilakukan pihak Disrumkim, untuk mendapatkan air bersih di wilayah Cipayung butuh pengeboran lebih dalam. Sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) Depok membuat program tersebut.

“Kalau di wilayah lain, biasanya 30 meter sudah dapat air. Nah, di Cipayung 50 meter baru dapat air. Untuk itu, dengan adanya sarana air bersih ini diharapkan bisa bermanfaat dan dikelola oleh Kelompok Pemanfaatan dan Pemeliharaan (KPP) yang sudah terbentuk,” katanya.

Senada dengan itu, Kepala Disrumkim Kota Depok, Dudi Mi’raz mengatakan, pihaknya membuka jaringan baru dengan mengandalkan air bawah tanah yang nantinya akan dikelola oleh masyarakat. Adapun nilai fisiknya sebesar Rp 632 juta yang meliputi bangunan distribusi air minum dengan kapasitas tangki sebesar 16 m3.

“Jadi, kita gali dan kita bor sedalam 54 meter. Setelah itu, disimpan di dalam tangki lalu dialirkan ke sambungan air nonperpipaan. Mudah-mudahan KPP bisa memelihara sarana air bersih ini dengan baik,” tutupnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

 

Diskominfo

Bagikan post melalui :