Sejumlah siswa SDN 31 Mekarjaya tampak menikmati bekal siang yang dibawa dari rumahnya. Kegiatan ini sebagai bagian dari penanaman PHBS sejak dini. (Foto : Pipin/Diskominfo)

depok.go.id – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 31 Mekarjaya menjadi salah satu sekolah di Depok yang mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2019. Raihan positif ini tidak terlepas dari penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan sekolah.

“Selain menanamkan untuk hidup sehat, siswa juga diajarkan untuk mencintai lingkungan, merawat dan menjaga tanaman. Dengan demikian, mereka diajarkan PHBS dari hal-hal yang kecil,” kata Kepala SDN 31 Mekarjaya, Beti Nurbaeti kepada depok.go.id di ruang kerjanya, Selasa (19/09/2019).

Dikatakannya, beberapa upaya yang dilakukan pihak sekolah adalah dengan mengimbau siswa membawa bekal dari rumah. Dengan demikian, mereka tidak jajan sembarangan sekaligus tempat makanannya aman dan higienis.

“Selain itu, kami membiasakan mereka untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum beraktivitas, utamanya sebelum dan setelah makan. Di sini sudah ada beberapa keran untuk cuci tangan di sudut-sudut sekolah,” jelasnya.

Pihaknya juga berusaha melengkapi sarana dan prasarana terkait kesehatan. Yaitu ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang representatif dengan perlengkapan yang cukup memadai.

“Tempat sampah anorganik dan organik juga dibedakan, agar anak-anak terbiasa memilah sampah,” tuturnya.

Selain itu, ucap Beti, pihaknya juga meminta siswanya untuk membawa tanaman. Para siswa diberikan tanggung jawab untuk merawat tanaman-tanaman tersebut.

“Mudah-mudahan berbagai upaya yang sudah kami lakukan dapat menjadi kebiasaan positif bagi siswa nantinya,” tutupnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :