depok.go.id-Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cilodong rencananya akan menambah jumlah Posyandu Remaja (Posmaja) di tahun 2019. Jumlah Posmaja yang akan ditambah sebanyak tiga titik dengan lokasi yang berbeda-beda.

“Rencananya akan ditambah tiga lokasi di tahun ini. Tetapi, untuk jumlah pastinya masih dirapatkan dulu dengan internal kita,” tutur Kepala UPT Puskesmas Cilodong, Hendrik Alamsyah kepada depok.go.id, Kamis (19/09/2019).

Dikatakannya, pembentukan Posmaja di Kecamatan Cilodong telah dimulai sejak tahun 2016. Hingga kini kecamatan tersebut memiliki 15 Posmaja yang tersebar di lima kelurahan yang ada.

“Rinciannya di Kelurahan Kalibaru ada 4 titik, Cilodong 4 titik, Jatimulya 2 titik, Sukamaju 2 titik, dan Kalimulya 3 titik,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, pembentukan Posmaja bertujuan untuk mewujudkan wadah komunitas sehat bagi remaja. Ini sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 43 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang menyebutkan, penduduk usia 15-59 tahun khususnya usia remaja harus mendapatkan pelayanan kesehatan setiap bulan di Posmaja.

“Lewat Posmaja para remaja juga diberikan pengetahuan mengenai pentingnya pendidikan kesehatan reproduksi dan Narkoba Psikotropika dan Zat Adiktif (Napza) lainnya bagi remaja. Serta mengenai pentingnya menerapkan gaya hidup sehat,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques
Editor: Dunih

 

Diskominfo

Bagikan post melalui :