depok.go.id – Penggunaan aula Perpustakaan Kota Depok yang gratis alias tidak dipungut biaya membuat aula menjadi rebutan. Sedikitnya sudah ada 12 kegiatan hingga November 2015 yang waiting list ingin menggunakan aula perpustakaan yang berlokasi di Balai Kota Depok ini.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok, Siti Chaerijah, menjelaskan bahwa aula perpustakaan yang memiliki kapasitas 150 orang ini memang tidak dipungut biaya, hanya saja pihak pemakai diminta untuk menjaga kebersihan aula sesudah dipinjamkan.

“Namun untuk penggunaan aula memang diprioritaskan kepada kegiatan OPD dan Walikota Depok. Bagi yang ingin memakai, penyelenggara harus meminta rekomendasi dari OPD terkait untuk meminjam. Jika tidak ada maka akan didahulukan yang sudah ada rekomendasi, jadi mereka hanya dibuat sebagai cadangan saja,” ujar Siti saat ditemui di ruangannya, Senin (19/10/2015).

Siti menyadari saat ini aula perpustakaan banyak peminatnya, karena biasanya setiap kegiatan dilakukan di lantai 1, aula Teratai Balai Kota Depok. Kini aula perpustakaan tersebut dapat menjadi alternatif untuk mengadakan kegiatan. Perlu diketahui bahwa peminjaman aula perpustakaan ini tidak ada transaksi ke arah bisnis, hanya meminta dijaga kebersihan dan keamanan saja, konsekuensi ketika sudah dipakai harus bersih lagi.

“Dari kami tidak ada uang retribusi pembayaran apapun untuk peminjaman aula. Mereka dapat berkoordinasi dengan OB mengenai kebersihannya,” tuturnya.

Siti melanjutkan, penyelenggara bisa menyediakan alat yang dibutuhkan sendiri, karena proyektor dan sound system belum ada, namun dapat meminjam ke bagian umum. Akan tetapi, walaupun aula dipinjamkan secara gratis, Siti mengimbau para peminjam untuk menjaga kebersihan dan ketertiban, sehingga bagi peminjam yang lain bisa menggunakan fasilitas yang diberikan Pemkot Depok.

“Jika dalam keadaan semula bersih dan tidak ada kerusakan, maka dapat digunakan ke yang lainnya,” tutup Siti. (Rysko/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :