depok.go.id – Banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk meneladani semangat para pahlawan kemerdekaan Indonesia, salah satunya seperti yang dilakukan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok yang mengadakan lomba cipta puisi untuk siswa SMA/SMK se-Kota Depok dengan tema kepahlawanan.

Menurut Kepala Seksi Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kantor Kesbangpol, Neneng Rochaeni, pemilihan lomba puisi dikarenakan puisi merupakan karya seni yang bisa menyentuh hati serta sebagai media yang tepat untuk mengekspresikan perasaan yang dalam, luhur, dan halus dari seseorang.

“Melalui puisi  bertemakan  kepahlawanan, diharapkan pelajar dapat merenungkan makna pengorbanan dan kemudian menginspirasi dirinya untuk berbuat nyata saat ini, minimal menjadi pahlawan untuk diri sendiri supaya bisa berbuat baik untuk orang lain,” ujar Neneng, Senin (19/10/15).

Dia menambahkan, selain makna pengorbanan pahlawan, lomba cipta puisi dipilih agar seni puisi juga tetap diminati oleh generasi muda khususnya pelajar. 

Untuk memahami puisi secara utuh, di samping harus memahami lapis, bentuk atau struktur, peserta lomba perlu memahami lapis makna puisi serta unsur ekstrinsik yang turut mendukung, seperti biografi pengarang, latar sosial, budaya, serta politik saat puisi dibuat.

“Semoga melalui puisi ini, pelajar mampu menghargai karya sastra yang diberikan secara turun temurun, sehingga nantinya puisi bisa dinikmati generasi mendatang dan tetap lestari,” tambah Neneng.

Kantor Kesbangpol telah menyediakan hadiah puluhan juta rupiah bagi pemenang dan puisi yang menjadi juara akan dibacakan pada acara Gebyar Pengumuman Pemenang yang rencananya akan digelar di Depok Mall lantai 3 pada 10 November 2015 mendatang. (Vidyanita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :