Sosialisasi PTMdepok.go.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok pagi tadi mengadakan kegiatan sosialisasi Penyakit Tidak Menular (PTM), Senin (10/19/2015) di aula lantai 1, Balai Kota Depok. Peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan pengurus Posbindu yang ada di tiap kecamatan di Kota Depok.

Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Kota Depok, Agus Gojali, mengatakan bahwa diadakannya sosialisasi ini bertujuan untuk melakukan pencegahan sejak dini mengenai penyakit tidak menular. Meskipun tidak menular, tetapi penyakit ini termasuk penyakit dengan skala prioritas yang sering terjadi di kalangan masyarakat.

Beberapa penyakit yang menjadi skala prioritas di antaranya adalah kolesterol, hipertensi, jantung, kencing manis, dan paru-paru.  Penyakit tidak menular ini sering diabaikan, sehingga penyakit tersebut berkembang tanpa ada pencegahan-pencegahan dini.

“Untuk itu perlu ada pemahaman terhadap pencegahan penyakit-penyakit tersebut,” jelasnya.

Agus berharap dengan kegiatan ini para kader Posbindu dapat bersama-sama mencegah PTM dengan cara berolahraga secara teratur, mengubah gaya hidup menjadi gaya hidup yang sehat, menghindari stres, dan tidak merokok atau memulai untuk berhenti merokok bagi yang telah terlanjur kecanduan.

Ia juga berharap agar ke depannya seluruh pihak dan instansi terkait dapat bersama-sama bekerjasama untuk menjadikan Depok sehat dan bersih dari berbagai macam penyakit dengan melakukan pencegahan-pencegahan dini. PTM sering terjadi karena masyarakat sering mengabaikan rasa sakitnya, tidak mau berobat atau langsung pergi ke dokter, sehingga penyakit tersebut semakin berkembang di dalam tubuhnya.

“Mudah-mudahan peserta yang hadir di sosialisasi saat ini dapat menyampaikan materi yang telah diberi kepada lingkungan sekitar, khususnya pada keluarganya, karena target kami tidak hanya kepada orang tua saja, tapi juga pada remaja,” jelasnya. (Rysko/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :