depok.go.id – Pelayanan Obstetric Neonatal Emergensi Dasar (PONED) di UPF Puskesmas Kedaung yang terletak di Kecamatan Sawangan merupakan upaya untuk menanggulangi kasus kegawatdaruratan ibu hamil, ibu bersalin dan bayi yang baru lahir. Pelayanan ini memberikan kenyamanan bagi ibu hamil dalam melakukan kontrol kandungan hingga saatnya melahirkan.

“Sejak Desember 2014 yang lalu, Puskesmas Kedaung sudah menerima pasien ibu melahirkan ini untuk mengurangi Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kecamatan Sawangan,” ujar Kepala UPT Puskesmas Sawangan, Elin Herlianan saat ditemui beberapa waktu lalu.

Elin mengungkapkan, pembangunan PONED di wilayah Kedaung ini untuk menekan lonjakan pasien melahirkan yang dibawa ke RSUD Depok karena menurutnya pasien yang ada di RSUD cukup banyak, sehingga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penolakan pasien, maka diharapkan ibu yang akan melahirkan bisa memanfaatkan fasilitas Puskesmas PONED yang ada di Kedaung ini.

“Diharapkan ibu hamil yang ingin melahirkan bisa menggunakan Puskesmas PONED ini sehingga tidak terjadi penumpukan pasien di RSUD Depok,” imbuh Elin.

Adapun alat persalinan yang ada di UPF Puskesmas Kedaung di antaranya inkubator, alat USG, tempat tidur persalinan dan peralatan lain yang menunjang keselamatan persalinan. Selain itu, ruang dalam persalinan tersedia dua kasur, dan untuk ruang perawatan tersedia tiga kasur.

“Mudah-mudahan dengan adanya Puskesmas PONED ini dapat digunakan warga Sawangan baik pasien umum maupun pasien BPJS, sehingga AKI dan AKB di Sawangan bisa diminimalisir bahkan tidak sampai terjadi AKI dan AKB,” tutup Elin. (Nurul Hasanah/Ed: Faizal Satrio – Diskominfo)

Bagikan post melalui :