depok.go.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok No. 3 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Komunikasi dan Informatika, di Hotel Bumi Wiyata, Jalan Margonda Raya, Kamis (19/11/2015).

Asisten Tata Praja Kota Depok Dudi Mi’raj, Kepala Diskominfo Kota Depok Mohammad Fitriawan, perwakilan PPID di masing-masing OPD di Kota Depok, perwakilan camat dan lurah di Kota Depok, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kota Depok, serta komunitas turut hadir mengikuti sosialisasi tersebut. Selain itu menghadirkan narasumber dari Laboraturium e-Goverment Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia Wahyu Catur Wibowo dan Dosen Universitas Prof. Dr. Moestopo Dini Mentari.

Dalam paparannya, Kepala Diskominfo Kota Depok, Mohammad Fitriawan, mengatakan bahwa peraturan ini dilakukan karena belum terpenuhinya seluruh kebutuhan informasi publik yang lebih cepat, tepat, dan akurat. Selain itu juga, karena masih terbatasnya akses internet bagi masyarakat, belum adanya regulasi untuk pengawasan dan pengendalian usaha warung internet, serta belum terintegrasinya data dan sistem jaringan antar daerah.

“Perda ini memudahkan dan meningkatkan jaringan komunikasi antar elemen, terutama pemerintah dengan masyarakat, sehingga komunikasi dan informasi yang terjalin dapat berjalan dengan baik,” tutur Fitriawan.

Lebih lanjut, pihaknya menambahkan bahwa dengan adanya Perda No. 3 Tahun 2015 tersebut ke depannya dapat meningkatkan pelayanan publik di bidang penyelenggaraan komunikasi dan informatika, terselenggaranya pemerintah daerah yang berbasis teknologi informasi, serta mewujudkan ketertiban dan kepastian hukum dalam penyelenggaraan komunikasi dan informatika.

Sementara itu, Asisten Tata Praja Kota Depok, Dudi Mi’raj, mengungkapkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki keterkaitan penting antar elemen dalam kehidupan bermasyarakat yaitu antara pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan pebisnis, dan pemerintah dengan lembaga pemerintah, sehingga dengan adanya Perda ini dapat lebih mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi dan meningkatkan komunikasi.

“Melalui Perda ini, pelayanan publik lebih ditingkatkan, maka baik masyarakat atau pebisnis dapat memperoleh informasi dengan mudah,” ungkapnya. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim -Diskominfo).

Bagikan post melalui :