daur ulang

Yuliawati Warga RW 07 Kelurahan Limo. (Foto: Kinthy/Diskominfo)

depok.go.id – Bagi sebagian orang sampah masih dianggap sebagai barang yang tidak berguna. Namun, di tangan Yunilawati sampah seperti plastik, kertas dan kain perca disulapnya menjadi barang yang berguna sehingga bisa menambah pundi-pundi rupiah.

Yuliawati yang merupakan warga RW 07, Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, sejak beberapa tahun terakhir menekuni kerajinan tangan berbahan baku sampah. Hasil kerajinannya tersebut bervariasi mulai dari piring, tempat perhiasan, tempat tisu, tempat kue dan tempat sendok.

“Saya mendaur ulang sampah menjadi barang-barang yang bisa digunakan untuk sehari-hari. Saya terinspirasi dari salah satu program bank sampah yang ada di Kelurahan Limo,” ujarnya, Minggu, (19/11/17).

Ia berharap, upayanya ini mampu mengurangi sampah non-organik di Kota Depok. Dengan menjadikannya barang yang bermanfaat, sampah yang sulit diurai bisa digunakan kembali untuk keperluan sehari-hari.

“Alhamdulillah, saat ini produk UKM saya sudah dikenal masyarakat Limo. Setiap ada acara pun saya ikut serta, lumayan dalam acara bisa laku sampai Rp 50 ribu-Rp 300 ribu per barangnya,” katanya.

Penulis: Kinthy Rachmawati

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :