Suasan tes urine yang digelar BNN Kota Depok di Balai Kota Depok belum lama ini. ( Foto : Janet/Diskominfo)

depok.go.id-Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok terus berupaya menciptakan lingkungan yang bersih dari narkoba. Termasuk juga di lingkungan kerja pemerintahan, dengan terus melakukan edukasi terkait Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kepala BNN Kota Depok, AKBP Rusli Lubis mengatakan, P4GN terus dilakukan untuk semakin meningkatkan komitmen dengan Pemerintah Kota Depok dalam memberantas narkoba. Termasuk menggelar tes urine kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Senin (18/11).

“Kegiatan ini diperkuat juga dengan Instruksi Presiden No 6 Tahun 2018 dan Surat Edaran Menteri PANRB No 50 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika di Lingkungan Instansi Pemerintah. Ditambah lagi Wali Kota Depok juga sudah mengeluarkan Perwal pendukung,” ujarnya kepada depok.go.id, Selasa (19/11/2019).

Dirinya menjelaskan, tujuan lain dari pelaksanaan tes urine ini adalah untuk melindungi pegawai dan mengetahui sejak dini jika ada pegawai yang terkontaminasi. Jika ada pegawai yang terkena dampak awal dari penyalahgunaan narkoba, maka dapat dengan segera direhabilitasi.

Lebih lanjut, dirinya menambahkan, ASN adalah seorang figur yang memberi pelayanan kepada masyakarat yang harus dapat bersih dari penyalahgunaan narkoba. Jika terpapar penyalahgunaan narkoba, maka akan berdampak langsung dan mengganggu cara kerja ASN dalam memberikan pelayanan.

“Selain merupakan implementasi dari program nasional, tes urine ini juga bermaksud untuk menjaga keselamatan kerja mulai dari kepala Perangkat Daerah (PD) hingga kelurahan. Mudah-mudahan seluruh ASN di Kota Depok tidak ada yang terindikasi,” ucapnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor : Dunih
Diskominfo

Bagikan post melalui :